Rabu, 18 Mei 2016

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Assalamulaikum Wr Wb

     Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara ganti inner kabel shifter sepeda. Kejadian ini saya alami ketika sepeda saya dipinjam oleh saudara, ketika pulang saya melihat ada yang janggal di sepeda saya, yaitu terlihat ada bagian inner putus satu helai di bagian belakang yang tidak terlindungi outter. Hal ini membuat saya berfikir untuk segera mengganti sendiri inner kabel shifter sepeda saya.

 

      Berikut ini ada alat-alat dan bahan yang harus disiapkan untuk mengganti inner kabel shifter.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

1. Kunci Allen 5mm

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 2. Tang pemotong

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 3. Obeng +

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 4. Alat press kabel

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Dan ini ada kabel inner baru yang akan saya pasang, untuk merek shimano yang saya beli di Rodalink saya beli dengan harga kurang lebih Rp70.000,-


Dibawah ini ada gambar inner saya yang lama, terlihat jelas ada satu helai inner yang putus

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Oke, sekarang waktunya memulai pekerjaan mengganti inner kabel shifter.
pertama-tama tempatkan RD dan shifter di posisi terkecil.


Kemudian potong ujung inner yang akan diganti dan kendurkan baut L 5mm

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDACARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 Selanjutnya buka tutup lubang di shifter  dengan obeng +, lubang ini digunakan untuk memasukan inner kabel yang baru.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA


 Lalu dorong keluar inner lama melalui jalur yang tidak dilindungi kabel.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Setelah inner kabel yang lama keluar, persiapkan inner kabel yang baru, jangan lupa untuk melumasi inner kabel yang baru dengan grease secukupnya. setelah itu baru masukan inner kabel yang baru kedalam lubang shifter yang prosesnya kebalikan dari melepas inner kabel yang lama.
CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 Jangan lupa untuk memasang kembali yang di bawah ini.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Akhirnya kabel inner yang baru sudah tiba di RD .
CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Kemudian setelah inner yang lama sudah masuk ke RD, setting barrel Adjusment untuk di kencangkan, hal ini berfungsi agar ketika melakukan setting RD masih ada jarak untuk adjusment.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Baru kemudian selipkan inner kabel ke baut L lalu kencangkan.
CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Sampai di sini kalian bisa memilih untuk memotong sisa inner yang masih tersisa atau menggulungnya. saya sendiri memilih untuk menggulung sisa inner yang lebih. dan jangan lupa menutup kembali lubang inner shifter dengan obeng +.
CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

Terakhir adalah memasang sepatu inner kabel dan di press, jika tidak memiliki alat press bisa gunakan tang pemotong, tapi jangan kuat-kuat, nanti malah terpotong

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDACARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA

 Alhamdulilah penggantian inner kabel shifter sudah selesai, langkah terakhir adalah setting RD dengan mengatur barrel adjusment agar perpindahan gigi berlangsung sempurna.

CARA GANTI INNER KABEL SHIFTER SEPEDA
Demikian dari saya tentang cara mengganti inner kabel shifter, sekarang kalian bisa melalukan sendiri. Semoga  artikel ini dapat membantu, kurang lebihnya mohon maaf bila ada kekurangan dalam artikel saya.

Wassalamualaikum WR WB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar